Istilah Infeksi Saluran Pernapasan Akut (ISPA) diadaptasi dari istilah Bahasa Inggris Acute Respiratory Infection (ARI). Menurut istilah kedokteran, ISPA adalah masuk dan berkembangnya kuman atau mikroorganisme ke dalam saluran pernapasan manusia yang meliputi hidung hingga gelembung paru dan organ-organ di sekitarnya, dimana infeksi berlangsung selama lebih dari 14 hari.

Sebagian besar kasus ISPA disebabkan oleh infeksi virus, meskipun ada beberapa kasus yang disebabkan oleh bakteri. Hingga saat ini, angka kematian akibat ISPA masih sangat tinggi. Sebagian besar disebabkan oleh terlambatnya pasien memperoleh penanganan medis yang tepat.

Jenis-jenis Virus Penyebab ISPA

Nah, apa sih penyebab ISPA? Pada umumnya, ISPA disebabkan oleh virus. Jenis virus yang dapat menyebabkan ISPA, antara lain:

  1. Adenovirus

Adenovirus adalah salah satu kelas virus yang dapat menyebabkan Infeksi Saluran Pernapasan Akut (ISPA). Kelas adenovirus terdiri atas lebih dari 50 jenis virus yang dikenal dapat sebagai penyebab flu, bronkitis, dan pneumonia.

  1. Pneumococcus

Pneumococcus adalah jenis virus yang dapat menyebabkan meningitis. Virus ini juga terkenal sebagai pemicu penyakit pneumonia.

  1. Rhinovirus

Rhinovirus adalah salah satu penyebab influenza biasa. Infeksi virus ini biasanya tidak berakibat fatal, namun bila ia menginfeksi anak-anak, orang lanjut usia, atau orang dengan sistem imun yang lemah, ia dapat menyebabkan ISPA.

Anak-anak dan orang tua lebih rentan terinfeksi virus ISPA. Anak-anak khususnya sangat rentan terinfeksi karena mereka sering berdekatan dengan anak lain yang mungkin sedang sakit. Selain itu, anak-anak terkadang malas mencuci tangan setelah beraktivitas di luar. Ketika mereka menyentuh mata atau mulut, virus dari luar bisa masuk ke tubuh mereka.

Orang-orang yang lemah sistem imunnya, misalnya yang sedang sakit juga sangat mungkin terjangkit penyakit ini. Penderita penyakit jantung, penyakit paru-paru, atau perokok juga lebih sering terserang ISPA.

Gejala-gejala ISPA

ISPA sering ditandai gejela-gejala beriku ini.

  • Hidung berair atau tersumbat.
  • Batuk-batuk atau sakit tenggorokan.
  • Sering kelelahan.
  • Rasa nyeri pada tubuh.
  • Paru-paru terasa sesak.

Bila ISPA menjadi semakin parah, akan muncul gejala-gejala sebagai berikut:

  • Sukar bernafas.
  • Kepala pening.
  • Tingkat oksigen dalam darah yang rendah.
  • Kehilangan kesadaran.

Bagaimana Cara Mengobati ISPA?

Karena virus pemicu ISPA sangat banyak jenisnya, pengobatan yang paling tepat untuk penyakit ini sangat sulit ditemukan. Dokter mungkin akan memberikan obat-obatan sesuai gejala yang muncul sambil mengamati kondisi kesehatan pasien dari waktu ke waku. Bila dokter mendiagnosa adanya infeksi kuman selain infeksi virus, dokter akan meresepkan antibiotik. Untuk membantu proses penyembuhan, pasien diharapkan menjaga pola makan tetap sehat, banyak minum air putih, dan istirahat yang cukup.

Minyak Kutus Kutus juga dapat digunakan untuk membantu penyembuhan ISPA secara alami. Minyak Kutus Kutus terdiri dari ekstrak 49 jenis tanaman rempah dan minyak kelapa murni yang memiliki berbagai khasiat. Gunakan Minyak Kutus Kutus 2 hingga 3 jam sebelum mandi dan sebelum tidur untuk meringankan gejala ISPA.

Pemesanan:

Vinny Chandra
wa/sms : 0813-3183-0133
Pin BBM : D101C548
Id line. vinnyc007

 

 

Silahkan di-share :)
Share
Categories: ArtikelBlog

Related Posts

Artikel

Batuk, flu, radang tenggorokan, anak malas makan, dan pegal linu manula sembuh tanpa minum obat

BATUK, FLU, RADANG TENGGOROKAN, ANAK MALAS MAKAN, DAN PEGAL LINU MANULA SEMBUH TANPA MINUM OBAT . . Iya..memang bagus banget minyaknya (baca minyak kutus kutus). Banyak yg cocok di sini… Kmrn sy bawa 6(enam) btl Read more…

Artikel

Hipertensi Atau Tekanan Darah Tinggi

HIPERTENSI ATAU TEKANAN DARAH TINGGI Adalah Suatu kondisi kronis dimana tekanan darah pada dinding Arteri ( pembuluh darah bersih ) meningkat maka apabila tidak segera ditangani akan menyebabkan berbagai macam penyakit yg mematikan oleh sebab Read more…

Artikel

Sembuhkan Sinusitis dengan Minyak Kutus Kutus yang Berkhasiat

Sembuhkan Sinusitis dengan Minyak Kutus Kutus yang Berkhasiat   Sinusitis adalah inflamasi atau pembengkakan pada dinding sinus. Sinus adala rongga berisi udara yang terletak di belakang tulang pipi dan dahi. Pada kondisi normal, sinus berisi Read more…